Ulang tahun ke-10 Boyband TVXQ dan Kesamaan Antara TVXQ dengan EXO

TVXQ dan EXO mempunyai banyak kesamaan dalam beberapa hal. Pertama, mereka adalah kelompok pop senior dan junior di bawah label hiburan yang sama, SM Entertainment. Keduanya menjadi bintang dan memuncaki dunia K-Pop dan kemudian mereka juga ditinggalkan beberapa anggota. Meskipun kesulitan tersebut, kedua kelompok ini telah berhasil menjaga tempat teratas di arena K-pop yang terkenal ‘ganas.’

TVXQ yang kini beranggotakan dua orang

Sepuluh tahun telah berlalu sejak debut TVXQ, menjadi sensasi pop di Korea. Kelompok ini merayakan ulang tahun ke 10 saat mereka konser Seoul selama akhir pekan. Terutama, hari kedua konser, itu adalah hari 4000-nya sejak debut.

Kembali pada tahun 2009, tiga dari lima anggota TVXQ asli – Junsu, Jaejoong, Yuchun – mengajukan gugatan terhadap SM Entertainment untuk mengakhiri kontrak, mereka menyatakan bahwa kontrak eksklusif mereka 13 tahun sangat panjang dan tidak masuk.

Jaejoong, Yuchun dan Junsu mantan TVXQ yang kemudian membentuk JYJ

Sekitar setahun setelah pemberontakan, Yunho dan Changmin kembali lagi sebagai anggota TVXQ dan sisanya memfokuskan pada kegiatan masing-masing sampai tiga anggota bersatu sebagai sebuah kelompok JYJ – Jaejoong, Yuchun dan Junsu – pada tahun 2010.

Meskipun kelompok yang tadinya beranggotakan 5 orang, kini telah menjadi duo, popularitasnya tetap kokoh sampai sekarang. TVXQ juga baru-baru ini menjadi artis asing pertama pemegang Japanese Top 5 Dome tour. Kelompok ini telah aktif di Korea dan di Jepang, mencatat 2 juta akumulasi pemirsa selama tiga tahun terakhir dengan live tour-nya “TREE.”

“Kita bisa memecahkan rekor kami karena kami telah menerima cinta yang sangat besar dari fans kami. Kami telah beruntung dan juga kita berpikir ketulusan dan upaya kami membuahkan hasil. Kami berharap kami bisa aktif di masa depan dan terus memecahkan rekor kita. Harapan kita bisa tetap sebagai TVXQ bahkan jika waktu berlalu, “kata kelompok itu.

EXO ketika menghadiri MAMA 2014, kini mereka hanya beranggotakan 10 orang

Kesuksesan dan keteguhan TVXQ seharusnya diikuti oleh juniornya, EXO. Seperti kita ketahui, EXO juga sedang dilanda masalah, terutama perpecahan anggota. EXO kini hanya beranggotakan 10 dari 12 orang setelah dua anggotanya keluar dengan menggugat manajeman. Kris dan Luhan masing-masing meninggalkan grup pada bulan Mei dan Oktober. Mereka juga mengajukan tuntutan hukum untuk pemutusan kontrak eksklusif mereka melawan SM Entertainment.

Apakah EXO bisa mengikuti kesuksesan TVXQ? Menurut para ahli shobiz, itu tergantung pada tekad kuat para anggotanya dan aktivitas mereka selanjutnya.

Semangat EXO, jadilah kuat seperti TVXQ!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s