Fakta Menarik Perseteruan JYJ dengan SM Entertainment

Meskipun Junsu menang voting sebagai musisi terpopuler, namun nyatanya Junsu (anggota kelompok JYJ) tidak diundang pada acara penghargaan Seoul Music Awards 2016 pada hari Kamis.

Junsu saat tampil pertama kali di TV sejak tergabung dalam JYJ

Junsu saat tampil pertama kali di TV sejak tergabung dalam JYJ

Hal ini menimbulkan perdebatan dan spekulasi bahwa SM Entertainment masih memegang kendali di industri musik lokal. Seperti kita ketahui SM sangat memusuhi JYJ, keduanya selama ini bersengketa.

Semua anggota kelompok JYJ dulunya adalah member kelompok TVXQ, mereka keluar dari TVXQ dan menuntuk SM ke ranah hukum. Ketiga anggota yang membelot ini akhirnya membentuk kelompok sendiri bernama JYJ yang diambil dari nama depan ketiga anggotanya (Jaejoong, Yoochun dan Junsu).

Ingin mengetahui runtutan perselisihan antara kelompok JYJ dengan SM Entertainment? Berikut ini faktanya.

– Juli 2009:
Tiga anggota dari kwintet K-pop boyband TVXQ – Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu – membatalkan kontrak mereka dengan SM Entertainment, mereka menganggap memperoleh pembagian tidak adil dari keuntungan dan menganggap kontrak mereka terlalu panjang (13 tahun). SM merespon klaim ini dan berkata apa yang diadukan adalah sesat dan ngawur.

– September 2009:
Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Unsu mengubah nama panggung mereka menjadi Jaejoong, Yoochun dan Junsu, mereka kemudian membentuk kelompok trio bernama JYJ.

– Oktober 2009:
Pengadilan memberikan perintah untuk melindungi kegiatan JYJ, meskipun pihak SM Entertainment keberatan mengenai aktifitas yang dilakukan JYJ.

– Juni 2010:
JYJ mengadakan konser di Osaka dan Tokyo, Jepang.

– September 2010:
JYJ merilis debut album “The …” di Jepang, dan memuncaki tangga lagu Oricon. Seminggu kemudian Avex Entertainment, mantan agensi JYJ regional Jepang, menghentikan semua kegiatan di Jepang.

– Oktober 2010:
JYJ merilis debut album untuk lokal (Korea), “The Beginning,” yang penjualannya di Korea melebihi 300.000. SM Entertainment membuat larangan peredaraan album tersebut di pasar Korea

Baca Juga: Kumpulan Selfie Lucu Member Lovelyz

– Januari 2011
JYJ rilis “Their Rooms ‘Our Story.’”

– Februari 2011
Pengadilan Distrik Seoul mengeluarkan aturan untuk mendukung kegiatan JYJ Korea, pengadilan juga secara hukum meniadakan kontrak antara tiga anggota JYJ dan SM Entertainment.

– April-Juni 2011:
JYJ melanjutkan tur dunia pertama di Thailand, Taiwan, China, Kanada dan Amerika Serikat.

– Juli 2013:
The Fair Trade Committee memerintahkan the Union of Korean Pop Culture and Arts Industry, sebuah federasi kolektif seniman yang mempromosikan budaya Korea untuk menarik tindakan mereka dari menghambat kegiatan JYJ di Korea, yang terungkap telah melakukan kolusi dengan SM Entertainment.

– April 2015:
Junsu JYJ tampil pertama kali di TV dalam acara “EBS Space,” sebuah pertunjukan musik live show, sejak enam tahun debutnya sebagai anggota JYJ.

– November 2015:
Muncul aksi yang disebut sebagai “JYJ Act,” sebuah protes musisi untuk para pemegang kekuasaan industri hiburan.

– Januari 2016:
Junsu terpilih sebagai penyanyi paling populer di Seoul Music Awards ke-25, namun tidak diundang dalam acara tersebut. (sumber:herald/hallohallyu)

Advertisements

One response to “Fakta Menarik Perseteruan JYJ dengan SM Entertainment

  1. Pingback: Yoona SNSD dan Kai EXO Tampil Sebagai Pasangan di ELLE | Hallo, Hallyu!·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s