Ya Tuhan, SNSD Terancam Bubar!

Kabar paling menyedihkan menimpa penggemar K-Pop, khususnya para SNSD (Girls’ Genaration) mania. Pasalnya kelompok K-Pop paling populer di jagad ini terancam bubar setelah tiga anggotanya memilih tidak memperpanjang kontrak dengan manajeman.

Kelompok Girls’ Generation akhirnya bubar?

SNSD hingga saat ini telah mencapai usia 10 tahun, sebuah pencapaian umur yang jarang terjadi di dunia K-Pop. SNSD merupakan contoh kesuksesan sebuah grup dalam industri K-Pop. Pengaruh kelompok ini sangat besar, mereka telah menghasilkan banyak penghargaan dan banyak hits. Kesuksesan SNSD juga sering dijadikan motivasi para rookie.

Seperti diberitakan Kpopherald, tiga anggota SNSD memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan agensi S.M Entertainment. Memicu pertanyaan akan kelangsungan kelompok ini. Apakah akan terus dengan anggota tersisa, atau akan membubarkan diri.

S.M. Entertainment sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Tiffany, Seohyun dan Sooyoung tidak memperpanjangan kontrak. Sementara itu lima anggota lainnya yakni Taeyeon, Yoona, Yuri, Hyoyeon dan Sunny memutuskan untuk tetap tinggal di agensi tersebut.

Berita ini sangat mengejutkan banyak orang, pasalnya belum lama mereka telah merilis album full keenam “Holiday Night” pada bulan Agustus untuk memperingati ulang tahun ke-10 SNSD, memberi kesan bahwa SNSD akan solid selamanya.

Menurut laporan media, Tiffany yang lahir di California meninggalkan grup dengan alasan agar dapat melanjutkan studinya di Amerika Serikat. Sementara itu Seohyun dan Sooyoung beralasan akan mengejar karir akting.

Dengan tiga anggotanya yang berkarir solo dan satu dari mereka meninggalkan Korea, spekulasi akan bubarnya SNSD semakin kuat. Girls’ Generation bisa saja tetap bertahan dari peristiwa ini, tapi apakah struktur lima anggota tersisa akan tetap membuat SNSD jaya?. Ambil saja contoh kelompok cewek populer lainnya seperti Wonder Girls dan SISTAR bubar total setelah kehilangan anggotanya atau karena beberapa anggota memilih berkarir solo dalam aktivitas kelompok.

Baca Juga: 10 Idol Ini Sering Dianggap Leader Grup

Namun, terlalu dini untuk membuat asumsi tentang masa depan kelompok SNSD, karena skenario lain dimana anggotanya dapat berkumpul dalam kelompok atau keseluruhan untuk kegiatan proyek masih mungkin dilakukan, seperti yang terjadi pada kelompok legenda lainnya Shinhwa dan g.o.d.

Mari kita lihat kebelakang tentang sejarah kelompok Shinwa dan g.o.d.
Setelah kontraknya dengan S.M. Entertainment berakhir pada tahun 2003, para anggota Shinhwa, dimana mereka terbentuk pada tahun 1998 menjadikan mereka sebagai grup K-pop terlama yang pernah ada ini kemudian memilih berkarir solo baik sebagai aktor maupun penyanyi di bawah agensi yang berbeda. Kemudian di tahun 2011, keenam anggota asli bergabung kembali dengan mendirikan agensi sendiri, Shinhwa Company. Dalam agensi milik sendiri ini mereka kemudian dapat melakukan kegiatan sebagai sebuah kelompok di samping karir solo mereka.

Upaya semacam ini berhasil menyatukan mereka, terbukti Shinhwa dapat merilis album ke 13 yang mengesankan berjudul “Unchanging” pada bulan Oktober tahun lalu tanpa kehilangan anggotanya.

Sedangkan g.o.d, salah satu band K-pop paling populer di awal tahun 2000an, adalah kelompok lain yang berhasil tetap solid. Kelompok ini absen pada tahun 2006 setelah Yoon Kye-sang meninggalkan grup pada tahun 2004 untuk meniti karir akting. Namun pada tahun 2014, kelima anggota, dengan agensi yang berbeda, bersatu kembali untuk kembali melempar album full kedelapan “Chapter 8” untuk merayakan ulang tahun ke 15 mereka.

Kembali ke masalah SNSD. Sejak memulai debutnya di tahun 2007 dengan single pertama “Into the New World,” sebuah lagu pop rock energik membuat SNSD langsung menuai kesuksesan dan menjadi kelompok pemimpin di industri K-pop.

Hits demi hits dicapai oleh SNSD hingga 10 tahun, menjadikannya kelompok paling populer saat ini. Bukan hanya terkenal sebagai sebuah kelompok, anggota SNSD juga sukses dalam karir masing-masing. Baik sebagai solois maupun dunia akting. Keberhasilan karir solo mereka mungkin yang membuat mereka tidak menjadi tergantung pada sebuah kelompok SNSD. Mungkin mereka merasa sudah bisa ‘hidup sendiri’

Semoga saja masih ada keajaiban yang membuat mereka tetap bersatu dalam bendera Girls’ Generation atau SNSD ini.

Advertisements

One response to “Ya Tuhan, SNSD Terancam Bubar!

  1. Pingback: 10 Idol K-Pop dengan Masa Trainee Paling Lama | Hallo, Hallyu!·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s