10 Idol K-Pop dengan Masa Trainee Paling Lama

Sebelum masing-masing idol melakukan debut, semua idol akan menjalani masa pelatihan sebagai trainee untuk mengasah ketrampilan mereka. Rentang waktu masa trainee mereka juga berbeda-beda, tergantung faktor keberuntungan mereka.

Ada beberapa idol yang langsung debut dengan masa trainee yang cukup singkat, namun ada juga yang menghabiskan waktu bertahun-tahun sebagai trainee di agensi mereka sebelum mereka menjadi bagian dari industri K-Pop. Menunggu datangnya debut selama bertahun-tahun bisa sangat membuat frustrasi para trainee, namun adapula yang mampu menjadikan masa tunggu melelahkan tersebut sebagai ajang untuk mengembangkan bakat mereka sebagai bekal kelak setelah menjadi bintang top.

Berikut adalah 10 idol K-pop yang memiliki tahun trainee terpanjang:

1. G.Soul (15 Tahun)

G.Soul menjadi trainee di bawah manajeman JYP Entertainment selama 15 tahun, menjadikannya trainee agensi yang paling lama sebelum melakukan debut. Dia pertama kali menjadi trainee pada usia 12 tahun saat dia ditemukan oleh Park Jin Young di SBS Talent Development Project 99%. Masa penantianpun berakhir dengan debutnya di tahun 2015 dengan lagu “You.”

2. G-Dragon (11 Tahun)

Saat ini G-Dragon menjadi bintang K-Pop populer bersama kelompok Big Bang. Namun dibalik ketenarannya sekarang, GD pernah mengalami masa tunggu sebagai trainee selama 11 tahun, yakni 5 tahun di SM Entertainment dan 6 tahun di YG Entertainment.

BACA JUGA: Kelompok Girls’ Generation Akhirnya Bubar

G-Dragon menghabiskan 5 tahun sebagai trainee di SM Entertainment, di mana dia mengkhususkan diri dalam nge-dance sebelum dia menemukan bakatnya sendiri. Duo hip-hop Jinusean dari YG Entertainment akhirnya menaruh minat padanya setelah GD mulai menampilkan bakat sebagai rapper. G-Dragon menghabiskan trainee tahun pertamanya di YG Entertainment sebagai tukang bersih-bersih di dalam studio. GD juga jadi tukang ambil air untuk para artis yang sedang latihan dance. G-Dragon terus berlatih di bawah YG Entertainment selama 6 tahun, di mana dia kemudian melakukan debutnya bersama BIGBANG di tahun 2006.

Sungguh pengalaman yang berat sebagai trainee, namun dibayar tuntas dengan ketenaran G-Dragon dalam kelompok Big Bang dan sebagai solois seperti sekarang ini.

3. Jihyo (10 tahun)

Jihyo dari kelompok TWICE menjadi trainer di bawah JYP Entertainment selama 10 tahun. Jihyo pernah berpartisipasi dalam ajang Junior Naver dan meraih posisi kedua yang kemudian diajak oleh JYP Entertainment pada tahun 2005. Dia memulai debutnya dalam kelompok TWICE pada tahun 2015 setelah memenangkan sebuah tempat di ajang SIXTEEN milik Mnet.

4. Kwon Kwang Jin (10 Tahun)

Kwon Kwang Jin jadi tranee di bawah FNC Entertainment selama 10 tahun. Ketika dia berada di kelompok CNBLUE, dia adalah anggota dengan masa trainee terlama diantara anggota lainnya. Kwangjin bahkan memiliki masa trainee lebih lama dari leader band Jung Yonghwa. Kwangjin kemudian pindah dari CNBLUE dan membentuk kelompok N.Flying dengan trainer FNC lainnya.

5. Jessica (7 tahun)

Jessica dilatih di bawah agensi SM Entertainment selama 7 tahun. Dia ditemukan oleh SM Entertainment di sebuah pusat perbelanjaan saat dia dan saudara perempuannya, Krystal sedang berlibur di Korea Selatan. Dia memulai debutnya dengan Girls’ Generation di tahun 2007. Jessica adalah anggota pertama Girls’ Generation yang bergabung dengan SM Entertainment.

6. Yoona (7 tahun)

Yoona Girls ‘Generation (SNSD) dilatih di bawah manajeman SM Entertainment selama 7 tahun. Yoona terinspirasi menjadi penyanyi karena saat itu ia mengidolakan girlgroup lain sesama manajeman SM Entertainment, yakni kelompok S.E.S. Yoona akhirnya menemukan momen debutnya dengan kelompok Girls’ Generation di tahun 2007.

7. Seulgi (7 Tahun)

Seulgi dari kelompok Red Velvet menjadi trainee di bawah SM Entertainment selama 7 tahun. Dia bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai trainee bersamaan dengan Krystal f(x) dan Kai EXO. Ketika Krystal dan EXO sudah debut jauh-jauh hari, Seulgi masih terus menjadi trainee. Penantian panjangnya akhirnya tuai hasil dengan debutnya dikelompok Red Velvet pada tahun 2014.

8. Jo Kwon (7 Tahun)

Jo Kwon dari kelompok 2AM menjadi trainee di bawah naungan JYP Entertainment selama 7 tahun. Jo Kwon ikut program 99% Challenge Project yang diadakan oleh CEO JYP Entertainment Park Jin Young saat ia baru berusia 13 tahun. Jo Kwon terpilih sebagai anggota terakhir dalam proyek tersebut dan memulai debutnya dengan 2AM pada tahun 2008 sebagai leader kelompok tersebut.

9. Suho (6,5 Tahun)

Suho EXO menjadi trainee di bawah manajeman SM Enterainment selama 6,5 ​​tahun. Pada tahun 2006, ia ditemukan oleh SM Entertainment melalui casting jalanan saat berusia 16 tahun saat itu. Suho memulai debutnya dengan EXO di tahun 2011.

10. Min (6 tahun)

Lee Min-young atau biasa disapa Min dari kelompok miss A menjadi trainee di bawah agensi JYP Entertainment selama 6 tahun. Pada usia 13, Min pernah membentuk duo dance ‘Little Winners’ dengan Hyoyeon SNSD. Min kemudian mengikuti audisi di JYP Entertainment, dan setelah setahun menjadi trainee, dia dikirim ke Amerika untuk debut. Dia memulai debutnya dengan kelompok Miss A di tahun 2010 setelah 6 tahun sebagai trainee.

Nah itu tadi perjuangan para bintang K-Pop terkenal selama masa trainee. Ketekunan, keteguhan dan kesabaran mereka saat menjalani masa pelatihan patut diacungi jempol. Dan perjuangan mereka pun kini berbuah manis. Selamat untuk mereka.

Advertisements

One response to “10 Idol K-Pop dengan Masa Trainee Paling Lama

  1. Pingback: 5 Kampus yang Banyak Dihuni Idol Terkenal | Hallo, Hallyu!·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s